Social Icons

Masuk & berkembangnya Islam ke Indonesia

A. Asal masuknya islam ke Indonesia
       Ada beberapa teori, yaitu:
1. Teori Gujarat
       Peletak dasar teori ini adalah Snouck Hurgronje, Ia lebih menitik beratkan pandangan ke Gujarat berdasarkan. Pertama; kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran agama islam ke Indonesia. Kedua; hubungan dagang Indonesia-India telah lama terjalin. Ketiga; inskripsi tertua tentang islam yang terdapat di Sumatra memberikan gambaran hubungan antara Sumatra dan Gujarat. W.F Stutterheim menyatakan masuknya agama Islam pada abad ke-13 didasarkan pada bukti nisan sultan pertama kerajaan samudra pasai yaitu:
Malik as-Saleh yang wafat 1297.
2. Teori Persia
       P.A Hoesein Djajadiningrat, menitik beratkan pada kebudayaan yang hidup di kalangan masyarakat Islam yang mempunyai persamaan dengan Persia. Kesamaanya antara lain:
a. Peringatan 10 Muharram sebagai peringatan syiah atas kematian Husain
b. Adanya kesamaan ajaran syaikh siti Jenar dengan ajaran sufi Iran al-Hallaj.
c. Teori Mekkah (Hamkah) masuknya Islam pada abad ke-7
B. Cara Islamisasi di Indonesia
     Menurut Uka Tjandrasasmita sebagaimana yang dikutip oleh Badri Yatim, saluran Islamisasi ada enam:
  • Perdagangan Perkawinan
  • Tasawwuf Pendidikan
  • Kesenian Politik.
C. Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
      Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia antara lain:
1. Samudra Pasai 
2. Aceh Darussalam
3. Kerajaan Islam Demak
4. Kerajaan Islam pajang
5. Kerajaan Islam Mataram 
6. Kerajaan Islam Cirebon
7. Kerajaan Islam Banten 
8. Kerajaan Islam Kalimantan
9. Kerajaan Islam Sulawesi

D. Keruntuhan kerajaan Islam
      Di Sumatera, setelah malaka jatuh ketangan Portugis, percaturan politik di kawasan selat malaka merupakan perjuangan segi tiga: Aceh, Portugis, dan Johor yang merupakan kelanjutan dari kerajaan Malaka Islam. Pada abad ke-16, tampaknya Aceh menjadi lebih dominan, terutama karena para pedagang muslim menghindar dari Malaka dan memilih Aceh sebagai pelabuhan transit, Aceh berusaha menarik perdagangan internasional dan antar kepulauan nusantara. bahkan, ia mencoba menguasai pelabuhan-pelabuhan pengekspor lada, yang ketika itu sedang banyak permintaan. kemenangan Aceh atas Johor, membuat kerajaan terakhir ini pada tahun 1564 menjadi daerah vassal dari Aceh.
      Setelah berhasil menguasai daerah-daerah di Sumatera bagian utara, Aceh berusaha menguasai Jambi, pelabuhan pengekspor lada yang banyak di hasilkan di daerah-daerah pedalaman, seperti Minangkabau dan yang diangkut lewat sungai Indragiri, Kampar, dan Batanghari. Jambi, yang ketika itu sudah Islam, juga merupakan pelabuhan transito, tempat beras dan bahan-bahan lain dari Jawa, Cina, India, dan lain-lain diekspor ke Malaka. Selain itu, ekspansi Aceh ketika itu berhasil menguasai perdagangan pantai barat Sumatera dan mencakup Tiku, Pariaman, dan Bengkulu.
     Ketika Sultan Iskandar Muda wafat digantikan oleh Sultan Iskandar Tsani. Sultan ini masih mampu mempertahankan kebesaran Aceh. akan tetapi, setelah ia meninggal dunia, Aceh secara berturut-turut dipimpin oleh tiga orang wanita selama 59 tahun. ketika itulah, Aceh mulai mengalami kemunduran. daerah-daerah Sumatera yang dulu berada di bawah kekuasaannya mulai memerdekakan diri.
     Di Jawa, pusat kerajaan Islam sudah pindah dari pesisir ke pedalaman, yaitu Demak ke Pajang kemudian ke Mataram, berpindahnya pusat pemirintahan itu membawa pengaruh besar yang sangat menentukan perkembangan sejarah Islam di Jawa, diantaranya adalah :
  1. Kekuasaan dan sistem politik didasarkan atas basis agraris
  2. Peranan daerah pesisir dalam perdagangan dan pelayaran mundur.
  3. Terjadinya pergeseran pusat-pusat perdagangan dalam abad ke-17 dengan segala akibatnya
     Sebagaiman di sebutkan, pada tahun 1619, seluruh Jawa Timur praktis sudah berada di bawah kekuasaan Mataram yang ketika itu di bawah Sultan Agung. pada masa pemerintahan Sultan Agung inilah, kontak-kontak bersenjata antara kerajaan Mataram denga VOC mulai terjadi meskipun ekspansi telah menghancurkan kota-kota pesisir dan mengakibatkan perdagangan setengahnya menjadi lumpuh. Download

Thanks

Tidak ada komentar:

Followers