Social Icons

Definisi Emotion Coaching

Menurut Gottman & DeClaire (1997) emotion coaching merupakan suatu proses dimana orang tua dengan aktif mendengarkan ungkapan dan menerima perasaan anaknya serta memberikan bimbingan, batasan perilaku, dan membantu anak menyelesaikan permasalahannya agar anak dapat belajar bagaimana mengendalikan perasaan atau emosi yang dirasakannya dengan cara yang benar.
Hal paling mendasar dalam emotion coaching yang perlu dimiliki oleh orang tua adalah perasaan empati yaitu kemampuan orang tua untuk menempatkan diri mereka dalam kedudukan anak mereka dan memberi tanggapan sesuai dengan situasi tersebut (Gottman & DeClaire, 1997).

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa emotion coaching adalah suatu proses dimana orang tua mendengarkan dan menerima ungkapan perasaan anaknya, memberikan bimbingan serta mengajarkan kepada anaknya bagaimana mengendalikan perasaannya dengan cara yang sesuai. Emotion coaching dapat diberikan oleh orang tua untuk membantu mengembangkan kecerdasan emosi anak. Orang tua dapat melatih emosi anaknya dengan menenangkan perasaan anak, mendengarkan, memahami pemikiran dan perasaan yang dirasakan anak serta membantu anak untuk memahami dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Followers