Social Icons

Pertumbuhan & Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia


        Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam merupakan proses pendidikan sebenarnya telah berlangsung sepanjang sejarah dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial budaya manusia di permukaan bumi. Sebelum membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam di Indonesia, terlebih dahulu kita bahas sekilas mengenai sejarah masuknya islam itu sendiri di Indonesia.
        Menurut sejarah mengenai masuknya islam pertama kali di Indonesia telah terjadi pada abad pertama Hijrah atau abad ke-7 Masehi. Daerah yang pertama dimasuki ialah pantai barat pulau sumatera yaitu daerah Baros. Agama islam diperkenalkan di Indonesia melalui jalur perdagangan rempah-rempah. Hal tersebut dilakukan oleh pedagang muslim yang pada dasarnya visi dan misi mereka untuk berdakwah dalam menyebarkan dan memperkenalkan agama islam.
Masuknya agama islam di Indonesia bercorak sufistik. Dan masa kejayaan sufisme tersebut sampai ke Indonesia antara abad 10 Hijrah atau 16 Masehi hingga abad 12 H atau 18 M.Ternyata perkembangan lebih lanjut tentang sufisme mengarah kepada sunni atau ortodoksi (pengikut aliran Ahlussunnah wal Jama’ah dan mazhab Syafi’i).
         Hal yang paling menarik dari perkembangan Islam di Indonesia ialah perkembangan Islam di pulau Jawa, Islam memasuki daerah yang sudah sangat kuat dipengaruhi oleh budaya Hindu, Islam di Jawa pada awal masa pertumbuhannya sangat diwarnai oleh kebudayaan Jawa. Hal ini disebabkan unsur-unsur para bangsawan Jawa melestarikan tradisi Jawa-Hindu dan juga karena para walisebagai angkatan pertama mubaligh Islam, didik dalam lingkungan Jawa.
         Menurut Babad Tanah Jawi penyebaran agama Islam di pulau Jawa dilakukan oleh Walisongo. Para Walisongo bukan saja sebagai pembuka kurun waktu baru dalam Islam di Jawa yang mengakhiri zaman Jawa-Hindu, tapi juga menguasai zaman berikutnya yakni zaman para wali menurut paradigma mereka.
Corak sufisme dari Islam terlihat mudah akrab dengan lingkungan Jawa. Kehadiran Islam di Jawa dalam rangkaian kebudayaan yang telah terbentuk sebelumnya dalam perpaduan kebudayaan asli Jawa melahirkan sikap bahwa kehadiran Islam bukanlah sesuatu yang baru untuk menggantikan yang lama tetapi menambah sesuatu kepada yang lama. Para sufi pengembara yang terutama melakukan penyiaran Islam di kawasan Nusantara yang berhasil mengislamkan sejumlah besar penduduk Nusantara setidaknya sejak abad ke-13. Download


ThankS

Tidak ada komentar:

Followers